Rabu, 16 Desember 2015

DEFINISI GIZI (ILMU GIZI DASAR)

ALGIZA

Algiza (bahasa arab)adalah definisi dari Gizi yang merupakan substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh,pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Pengertian gizi menurut Tuti Sunardi, yang mengatakan bahwa gizi merupakan sesuatu yang mempengaruhi prosesperubahan semua jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh yang dapat mempertahankan kehidupan.
Bagian yang dibutuhkan dalam tubuh kita  di sebut sebagai zat-zat gizi. Contohnya seperti Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin dan mineral (Makro dan Mikro). Zat gizi tesebut berasal dari hewan dan tumbuhan. Zat gizi merupakan bagian yang sangat penting bagi kelansungan hidup manusia yang bisa kita peroleh dari hewan maupun tumbuhan. Nah, makanan yang kita konsumsi sehari-hari haruslah beragam agar memenuhi kebutuhan gizi didalam tubuh kita. Jika kita hanya mengkonsumsi satu atau dua bahan makanan saja maka tidak akan cukup untuk kebutuhan tubuh kita.
Zat-zat gizi dikelompokkan atas beberapa macam :
1.      Zat gizi berdasarkan sumbernya
·         Hewani merupakan sumber zat gizi yang berasal dari hewan. Contohnya daging, ikan dll.
·         Nabati merupakan sumber zat gizi dari tumbuhan. Contohnya seperti sayuran hijau, kacang-kacanagan, tahu, tempe dll.
2.      Zat gizi berdasarkan jumlahnya
·         Zat gizi makro merupakan zat yang diperlukan dalam tubuh dalam jumlah bersar. Contohnya seperti Karbohidrat, Lemak, dan Protein.
·         Zat gizi mikro merupakan zat yang diperlukan dalam tubuh dalam jumlah kecil. Contohnya Vitamin dan Mineral.
3.      Zat gizi berdasarkan fungsinya
·         Sumber energi bagi tubuh maksudnya ialah zat gizi juga berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat, Lemak dan Protein akan menjadi sumber energi setelah melalui metabolisme di dalam tubuh.
·         Pengatur kerja dalam tubuh yang artinya untuk mengatur proses metabolisme yang ada di dalam tubuh yang ada pada Lemak,Mineral dan Protein.
·         Pembangun dan penjaga tubuh yang terdapat pada Mineral, Protein, Vitamindan Lemak.
Fungsi zat gizi
  1.         Sebagai sumber energi
  2.          Memperbaiki sel-sel yang rusak
  3.          Sumber pertumbuhan dan perkembangan
  4.          Mempertahankan fungsi pada organ tubuh
  5.          Menjaga keseimbangan pada metabolisme
  6.          Pengatur serta pendukung metabolisme
  7.          Membentuk sel-sel padajaringan tubuh

Sekian dulu artikel yang saya buat semoga bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa nantiken artikel saya selanjutnya mengenai Zat gizi makro danzat gizi mikro. Terima kasih.





1 komentar: